.

.

Jumat, 23 Januari 2015

Haramkah Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW ?

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW.
bahwasanya peringatan itu dari kata dasar ingat, artinya mengingat-ingat, tepatnya pada peristiwa lahirnya nabi Muhammad SAW. pada 12 Rabiul Awal tahun gajah sekitar 20 April tahun 571 M.


Peringatan maulid Nabi itu tidak disyariatkan dalam agama Islam dan tidak diperingati pada zaman nabi masih hidup. Memang Nabi SAW bukan tepologi orang yang senang disanjung, dikramatkan, apalagi di tuhankan. Sosok Rasulullah adalah seorang nabi yang tidak senang dikultuskan, apalagi dipuja dan disembah. Sedang di masa hidupnya, tidak pernah memerintahkan pada seluruh sahabatnya untuk memuja dan mengagungkan. Bahkan,nabi besar Muhammad SAW adalah pernah mengatakan

انَّ هُ وَحيٌ يُهَ الَيَّ

Artinya: bahwa saya adalah menyampaikan semua wahyu yang diurunkan kepada ku.

Tidak ada satu hadits pun dan satu ayat al Quran yang memerintahkan untuk memujinya dan mengagungkannya dengan bentuk peringatan atas kelahirannya.

Bahkan para sahabat, sepeninggal Nabi menetapkan penanggalan Islam itu pun tidak ada yang dimulainya dari kelahiran beliau atau pun kematian beliau. Tetapi para sahabat menetapkan tanggal satu dalam Islam dimulai dengan hijrahnya nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke kota Yatsrib (sekarang Madinah). Dimulailah babak baru, dalam pengembangan agama Islam, degan hijrahnya Nabi tanggal 1 Muharram pada waktu itu. Bukan kelahiran nabi bukan kematian nabi dan bukan peperangan badar yang membawa Islam jadi gemilang.



Diadakannya peringatan Maulid nabi tuh terjadi pada Zaman tabiin. Terkisah dalam satu dekade pada waktu itu ada seorang gubernur namanya Salahudin Al Ayubi. Beliau memikirkan tentang kehebatan Islam dan kejayaan Islam. Namun di satu sisi banyak perpecahan dalam Islam, banyak aneka ragam pendapat dan banyak pula fariasi yang tidak menguntungkan pada perkembangan agama Islam.

Disamping banyak masyarakat Islam yang sudah lepas dari rel-rel agama Islam demi kepentingan kelompok dan pribadinya. Akhirnya sang gubernur mempunyai ide baru agar riwayat kelahiran Nabi bisa digali yang menimbulkan sepirit baru. Akhirnya pendapat sang gubernur disetujui oleh sang raja.

Awal mulanya bentuk peringatan kelahiran nabi tersebut bermula dengan beraneka ragam kegiatan. Ada bazar ada juga seni budaya, ada juga penampilan kreasi baru dan bentuk-bentuk lain yang mempesona pada umat Islam yang ada pada waktu itu. Ternyata dari gagasan itu minat untuk mendalami agama Islam makin besar. Dan animo rakyat pada waktu itu merasa mendapat injeksi baru. Sampai-sampai pada waktu itu para sastrawan dan para seniman menampilkan hasil cetakannya dengan berbagai macam. Ada yang kaligrafi, karang mengarang, lagu musabaqah serta kresi-kreasi lain.

Ada seorang namanya syeh Busairi, melantunkan sastranya, di antaranya sebagai berikut:


مُحَمَّدٌ سَيِّدُ الكَوْنَيْنِ وَ السَقَلَيْنِ * وَ الفَرِيقَينِ مِن عُرْبٍ وَ مِن عَجَمِ

نَبِيُّنَا الامِرُ النَهِى فَلَا اَحدٌ * اَبَرَّفِى قَولِ لَا مِنهُ وَلَا نَعَمِ
هُوَ الحَبِيبُ الَّذِىْ تُرْجى شَفَاعَتُهُ * لِكُلِّ هَولٍ مِّنَ الاَفوَالِ مُقتَحَمِ

Artinya
Muhammad SAW adalah penghulu dua alam(dunia dan akhirat), penghulu jin dan manusia, penghulu dua golongan dari bangsa arab dan bangsa ajam(selain arab)

Nabi kami adalah pemerintah kebaikan dan pencegah kemungkaran, maka tidak ada seorang pun yang lebih baik dalam mengucapkan “Tidak” dan “Ya” dari beliau nabi Muhamamd SAW.

Baliau adalah kekasih tercinta yang sangat diharapkan syafaatnya untuk menyelamatkan dari segala rasa takut yang menghinakan.



Menurut syeh Busairi nabi Muhammad bukan hanya sekedar sosok seorang Arab, dan nabi Muhamad adalah bukan sekedar robot yang diperintah oleh sang majikan. Tetapi nabi Muhammad adalah seorang yang menjadi pemimpin di dunia dan di akherat. Lebih dari itu, beliau adalah seorang pemimpin yang mempu menjembatani dua bangsa yang berbeda, satu bangsa Arab dan dua kelompok bangsa ajam. Lebih dari itu, nabi Muhammad adalah seorang sponsor dalam menciptakan kebaikan dan beliau adalah seorang pencegah segala kemungkaran. Tidak ada seorang pun dan dari bangsa apa pun yang mampu menolak dengan ucapan “Tidak”. Dan tidak ada seorang pun di dunia yang mampu mengucapkan “Siap” kecuali hanya dengan perintah Allah.

Harapan umat manusia terhadap keberadaan rasulullah adalah mampu memberi syafaat dan menyelamatkan daris emua rasa takut. Itu lah tepologi seorang pemimpin yang tidak ada duanya di muka bumi ini.

Bahkan ada seorang penyair, syeh Ja’far yang menyampaikan pujaannya kepada paduka nabi besar Muhammad SAW yang kalau kita ukur dengan ukuran manusia sekarang adalah berlebih-lebihan. Seperti yang disampaikan oleh beliau dalam madahnya sebagai berikut:


وَلَو اَنَّا عَمِلنَا كُلَّحِينٍ       لِاَحمَدَ مَولِدًا قَد كَانَ وَاجِب
عَلَيهِ مِنَ المُهَيمِنِ كُلَّ وَقتٍ         صَلَاةٌ مَّا بَدَا نُورُ الكَوَاكِبْ
تَعُمُّ الآلَ وَالاَصْحَابَ طُرًّا       جَمِيْعَهُمُ وَ عِتْرَتَهُ الاَطَايِبْ

Artinya:
Andai kata kita bekerja dalam bidang apa pun, setiap saat maka wajib lah kita menghormati nabi Muhammad SAW. Dalam hal ini seluruh komponan Islam yang semua tidur mendengkur dengan kemewahannya sendiri maka tercambuklah mereka bagaikan singa marah di tengah padang pasir.

Sehingga kekuasaan Islam pada waktu itu menyebar sampai seluruh daerah Persia, Mesopotamia dan seluruh Asia, sampai di Indonesia, bahkan seluruh Negara Afrika sampai menyebreang ke Spanyol dengan kota Andalusia nya. Itu juga karena keperkasaan para tentara Islam yaitu : Torik bin Ziyad. Sehingga Islam pada waktu itu ditakuti oleh Negara-negara di timur tengah, Afrika, Asia bahkan sebagian Eropa.

Lantaran kaum muslimin terbius dengan gagasan salahudin Al Ayyubi pada waktu itu, semoga peringatan kelahiran nabi itu tidak menjadi dohma dan menjadi pengkultusan seorang pemimpin, tapi bisa menjadi pemicu di masa-masa yang akan datang, terutama sekarang maraknya kemerosotan moral dan mengganasnya narkoba yan g akan mencelakakan seluruh bangsa di dunia ini. Hanya dengan islam lah dunia bisa tentram , aman dan damai. Semoga Allah SWT memberikan istijabah pada tangisnya umat Islam di masa sekarang dan yang akan datang.

Kan Nabi Muhammad SAW gak menganjurkan merayakannya, gimana?

Jadi, merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW tidaklah diwajibkan dalam syariat Islam, namun juga tidak diharamkan. Melihat hal tadi, pelaksanaan Maulid Nabi juga untuk bersholawat kepada Nabi SAW, untuk menambahkan semangat kita mendalami Islam. Apakah salah jika kita bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, atau melakukan kegiatan yang bisa mencharge keimanan kita ?

Selain itu, nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk berpuasa sunah di hari Senin. Yak,, tepat (bagi yang sudah tahu)... Bahwa hari Senin adalah hari kelahiran nabi Muhammad SAW.


Puasa hari Senin  dan Kamis termasuk sunnah Nabi SAW, ‘Aisyah Radhiyallahu 'Anhu mengatakan,

كَانَ يَتَحَرَّى صِيَام الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيس

“Adalah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)



Saat beliau ditanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ

“Itu adalah hari aku dilahirkan dan hari aku diutus atau (awal) diturunkan Al-Qur'an kepadaku.” (HR. Muslim)

Saat beliau ditanya tentang puasa hari Senin dan Kamis, beliau menjawab:


ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الْأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Keduanya adalah hari dihadapkannya amal-amal kepada Rabbul ‘Alamin (Allah). Karenanya aku suka saat amalku dibawa kepada-Nya aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Al-Nasai dan dishahihkan Syaikh Al-Albani)

Ya,, begitu lah. Nah,, ini beberapa perayaan MULUDAN di beberapa daerah di Indonesia.

Semarak Mauludan di Bawean

Acaranya tuh seperti berdzikir, barjanji, dan sambutan-sambutan
Sumber gambar

Sumber gambar

Sumber pribadi dari majalah AULA edisi Januari 2015.

Grebeg Maulud, Jogja

Si pemuda berhasil mendapatkan sesuatu benda. Sesuatu itu dipegangnya sambil bergetar dan kelelahan,, karena banyaknya kerumunan yang berebut.

Pawai di Pesantren Anwarul Huda, Karangbesuki, Malang

Ini nih, pondok pesantren ane. Mengadakan pawai dengan peserta dari TPQ-TPQ se-kelurahan Karangbesuki. Pawai keliling sambil shalawatan,, juga sambil Nadzoman seperti Aqidatul Awam. Selain itu juga ada sambutan-sambutan dan sedikit nasehat dari Kyai.
Ya,, walau pun ane sendiri gak ikut. hehehe






Kalau di Manisrejo, Madiun
Nah, kalau yang ini,, di rumah ane. Perayaannya tuh,,, ehm, jadi buah-buah, jajan, dan berbagai macamnya digantungkan sedemikian rupa. Ditengah acara,, ada sambutan, ceramah, dan shalawatan yang diiringi hadrah.

Lalu acara yang ditunggu-tunggu.,, ketika Takbir diucapkan, itulah tanda saatnya memetik buah, jajan, dan teman-temannya itu.

Ini lagi menggantungkan aneka jajanan dan buah



Rabu, 07 Januari 2015

Gara-gara Tugas

Hal apa yang menyenangkan, menenangkan, menyehatkan lagi menyegarkan??? Gak usah jawab kalo mau bilang itu adalah Kentut. Bukan!!!

haha,,, Lupakan saja pertanyaan tadi. Kali ini apa kabar kawan?? Masih baik-baik saja???



Astagfirullah,, kalau masih baik-baik saja. berarti keadaan atau hasil yang kita peroleh tidak lah menjadi semakin baik, melainkan statis tidak ada perubahan. Baik itu perubahan semakin baik maupun semakin buruk.

Paling gak kan seharusnya kita semakin baik. Apabila hasil yang kita peroleh sama saja, dikatakana bahwa kita adalah meerugi jika sama saja dari pada hari sebelumnya. Apalagi kalau sampai kurang baik dari sebelumnya yang berarti kita menjadi orang yang celaka.

Nah,, untuk itu alangkah beruntungnya kita jika lebih baik dari pada sebelumnya. Ada kemajuan yang kita peroleh, tidak hanya sekedar Masih Baik-baik Saja.

Apa sih yang kamu maksud,, kok cuma ngomong,, eh, nulis aja??!!

Gak ada apaapa. Hanya basa-basi di awal postingan. Yah,, nyindir diri sendiri yang gak update-update tulisan. Hehehehehew.

Jadi Blogger Keren Gara-gara Tugas

Berawal dari perkuliahan semeseter ini. Bisa dikatakan kerasa gak kerasa sudah satu setengah tahun di kota perantauan.



Semester ini,, sebagai mahasiswa jurusan teknik Informatika di UIN Malang, kami semua menjadi seseorang yang keren banget sebagai seorang blogger. Suatu matakuliah yang mewajibkan kita untuk membuat blog,, dan memposting laporan-laporan tugas kita ke blog tersebut dari setiap pertemuan. Perkuliahan setiap minggu satu kali, yang berarti kita akan memposting paling tidak 1 artikel dalam seminggu.

Wuiih,, ini mah ku akui keren. Bisa posting minimal seminggu satu postingan.
Meskipun itu postingan kosong. heheheheheh.



Tapi,, hal yang menyebalkan adalah, seantero jurusan TI di kampus ini sudah pasti ngerjain tugas macem ini. Sedangkan kita sangat butuh yang namanya refrenshi. Gak hanya dari buku, tapi dari Internet dengan mengintrogasi mbah Google. Otomatis,, ketika kuketik keyword yang berhubungan dengan materi matkul tersebut, yang keluar adalah postingan temen-temen ane yang sejurusan. Belum lagi angkatan tua yang sudah pernah mendapat tugas ini.. Pasti tersisa sedikit prasastinya waktu ngambil matkul ini. -_-

Kesempatan Copast semakin kecil deh. Upss...

Lebih lagi rating blog mereka memuncak ketika beberapa minggu dari hari pertama perkuliahan. Mengingat lagi peraturan yang mengatakan bahwa dilarang COPAS dari blog teman, jika ketahuan COPAS, pelaku dan korban akan mendapaaaaaat....

|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|



Hati bergejolak,,, was-was muncul di setiap batin mahasiswa. Takut bagaimana jika menjadi korban Copas, sedang diri kita tidak melakukan kejahatan tapi mendapat imbas. Terbukti dengan sering bokernya temen ane setelah makan lalapan sambel mbah Gebres Netes Ketes-ketes.

Tapi,,, itu semua gak menghalangi para blogger untuk terus berkarya dengan tulisan mereka walaupun berupa laporan. Menulis tetap dilanjutkan walau muncul berbagai halangan seperti:

Internet Lagi Sesak Nafas 

Gak bisa dipungkiri lagi,, percuma saja kalau segala praktikum yang ane lakuin seudah selesai tapi gak ada koneksi internet. Apa lagi posisi brada di pesantren yang koneksi wifi pondok gak 24 jam non stop,, tapi mati-idup mati-idup. Eitsss,, gini pun ada wifi nya juga. Hal ini adalah yang membuat bingung selama pengerjaan tugas. Selain kesulitan upload postngan, pastinya kesulitan mencari refrensi tambahan untuk bahan laporan praktikum.

Nah,, beberapa solusi,, terpaksa melarikan diri sejenak ke kampus untuk sekedar ngupload tuh postingan. Ini pun harus secepat kilat, atau kalau lelet dikit aja bakalan kemaleman dan pondok pun dikunci... al hasil bakalan tidur di masjid.

Mati Listrik


Ternyata penguni pondok ini semakin bertambah, dengan mayoritas mahasiswa yang sering menggunakan laptop. Otomatis watt pondok kagak kuat dan beberapa kali sering mati listrik alias jeglek.

Selain wifi ikut mati,, laptop ini juga pastinya ikutan mati kehabisan daya. Ngerjain tugas belum kelar ehhh,, listrik mati. Kadang aja belum mulai aja listrik dah mati duluan. Itu waktu ditengah semester, sekarang alhamdulillah sudah gak begetu lagi.

Paketan Internet Habis
Nah,, yang ini adalah salah satu solusi kalau wifi lagi mati. Pakek paketat modem SmartPretttt. Berhubung badget seadanya, jadi paketat pun semampunya. Surfing seret, mau cari refrensi seret, mau upload paketan habis.

Database Kehapus
Bukan apa-apa, ini matakuliah Praktikum Desain Basis Data. Segala tugas yang diperintahkan adalah bagaimana memanipulasi database. Lha kalau database dari tugas-tugas ku musnah, habislah laporan ku. Akhirnya mengulang lagi dari awal,, tepatnya buat lagi yang baru.

Gak Ada yang Paham
Berlum lagi kalau pas bingung. Seharusnya ini ane berkumpul ama makhluk-makhluk yang paling gak ngerti masalah ini, seputar teknik informatika terutama tentang database. Ini di pesantren, hanya segelintir orang yang sejurusan sama ane,, itu pun kalau  mereka lagi di pondok.

Mau tanyak temen laen,, ada anak Tarbiyah, ada juga anak Hukum Islam, ngerti database kagak, tanyak hukum zakat kambing bandot ngerti juga nggak. Ampun duh Gusti...

cucian baju gak kering-kering
Segala macam halangan dan rintangan membentang tak hanya di sini,, masih ada lagi kalau harus nyuci baju. Sayangnya ujan mulu. Ini adalah Rahmat Allah yang diturunlan melalui ujan. Tapi,, ngalamat gak bakal kering nih jemuran. Akhirnya sekali terik panas,, eh jemuran jatuh. Jatuh ke genangan air hujan pula. Arrrrgghhhhh..!!!#$%^@##

BBM naik 
Bensin,,, bahan bakar minyak waktu lalu sempat naik dan jadi booming. Diikuti berbagai macam kenaikan bahan makanan dan aliansi lainnya. Kenapa hal ini juga ikut meresahkan mahasiswa semacem ane. Bensin motor jadi berkurang dari jatah biasanya. Ah sudah lah..

belum lagi sekutu hambatan yang laennya

Sekali lagi, semester ini sungguh luar biasa. Walau gak pake Aruman Blog, tapi ane bisa selalu update artikel. di kala itu..

Hal yang Gak Diketahui Banyak Orang di Balik Acara REOC

Gak kerasa, acara expo kepenelititan itu sudah berlalu. Menyita banyak tenaga dan waktu. Banyak beberapa hal yang tidak diketahui orang di balik kesuksesan REOC.



Hilangnya Tugas Laporan Praktikum Ku

Kembali lagi bahwa ane dan kawan-kawan mendapat berbagai tugas kuliah, salah satunya laporan tiap minggu. Ada juga yang mengharuskan kita menulis tangan.

Nah,, berhubung ane terlalu sibuk di REOC, sehingga ane kerjakan aja tuh laporan di tempat kerja (tempat pameran). Semaleman kita harus di tempat pameran untuk persiapan esok harinya sekaligus jagain barang-barang. Sekalian ane ngelembur tuh tugas laporan.

Ya,, walau belum selesai, keesokan harinya batang hitung dari laporan ku yang semaleman ku tulis lenyap seketika bak kasus korupsi. Ku cari ke sana ke sinu, dari selatan ke utara, dari musim tamagoci hingga musim rambutan, gak ketemu juga. Arghhhh.

Sekretaris acara ku tanyain.
"Brow, tau kertas-kertas yang ada di sini, yang ada berkas REOC juga??????" pertanyaan ku dengan penuh harap ada petunjuk.

"Oh,, yang di situ. Udah ku buang. Itu kan berkas gak kepake."

Kenapa hal seperti ini harus terjadi. Kayaknya ini lebih parah dari lupa makan atau pun kejadian Kejamnya Blogger. Hilang sudah tulisan ku. Hari saat ngumpulkan tuh tugas dengan tangan kosong. Ini adalah salah satu hal yang gak kalian ketahui di balik acara REOC.

Hilangnya Sepatu Ku

Hal kedua yang menyebalkan dari insiden acara REOC adalah tercampurnya sepatu ane dengan kumpulan sampah. Fenomena yang terjadi adalah sudah dapat dilihat. Sepatu,, ya,, sepatu yang ku gunakan dan satu-satunya yang ku bawa dari rumah terbuang begitu saja, tak tersisa secuil pun.


Keesokan, ku kuliah dengan sandal seadanya, dengan duduk paling pojok belakang berharap tak ada yang mengetahui pemakaian sandal ku ini. Ini kesalahan kumpulan sampah, kenapa juga menghampiri sepatu

Nasi Goreng, Tahu Sumdeang, dan sate ayam gak baik untuk kesehatan mata 

Jadi kalau lapar memang benar adanya makan Nasgor, tahu sumedang, atau sate benar-benar terasa nikmat dan cukup bisa mengenyangkan. Tapi jangan melakukan hal fatal seperti mencolokkan tahu sumedang ke mata temen mu atau mata mu sendiri. Selain berakibat fatal pada kesehatan mata, tapi bisa berdampak kalian kelihatan bego'. Hal seperti inilah yang belum tentu diketahui orang banyak.

Kita Gak Bisa Lihat dengan Mata Tertutup


Gak percaya??? Coba aja kalian jalan kaki dengan mata tertutup.! Kalau kalian bisa melihat dengan mata tertutup berarti kalian sakti.

Menyelam Sambil Minum Air adalah hal yang mustahil

Agar pekerjaan kita cepat selesai dan membuat efisiensi waktu, jadi kita menyelam sambil minum air. Gak ada yang mustahiil. Tapi, hal semacem ini akan membuat kita kesulitan kalau minum sambil menyelam, dan buruknya bisa tersedak. Ya, kan bisa kita minumnya nanti dulu setelah selesai menyelam. Gak baik kalau kita sekaligus melakukan sesuatu hal., walau pun itu bukan hal yang mustahil.

Pesan Moral yang bisa diperoleh adalah,, bagi temen-temen semua, jangan pakai sandal saat kuliah. Oke!!!

Rabu, 05 November 2014

Kemudahan dalam Kesulitan

Yow,, kawan-kawan yang pada mantengin Aruman Blog, mohon maaf ya kalo udah lama gak jumpa lagi (emang pernah jumpa?).

Ya, dengan berbagai kesibukan (sok loe) ini bisa dibilang adalah tahun kedua ane dalam kota perantauan. Setelah lulus dari Asrama kampus, harus segera angkat kaki. Semua pilihan tempat tinggal, ajakan ngekost dan ngontrak ama teman-teman ane tolak secara halus. Ane lebih pilih di sebuah pesantren aja. Dengan berharap akan mendapatkan hal yang lebih,, lebih baik dan lebih barokah.

Mutasi emang terasa aneh. Masih aja teringat dengan yang asrama lama. Suka duka di tempat yang kami menyebutnya mahad MSAA, dengan para musyrif yang dengan senang hati membimbing hingga membangunkan kita di pagi buta, yang ada malah mereka dapet semburan dari mahasantri kurangdidik. Hahahaha, itu adalah pengalaman yang mungkin tak bisa dilupakan.

Dengan lingkungan yang baru, suasana dan kondusi yang bisa dibilang hal baru lagi, bagi ane itu semua mewarnai kehidupan di tahun ke dua ini. Para santri di sini yang bagitu menghormati Romo Kyai serta jajaran Ustadz dan pengasuh. Kita memang harus demikain, di awal sudah dijelas oleh pengurus, bahwa gambaran mencari ilmu kita adalah seperti mencari air, maka, agar mendapat genangan air yang banyak kita ambil dari bagian bawah. Semoga paham.

Kehidupan di pesantren ini tidak berjalan selicin oli bekas, terlebih lagi bersamaan dengan masa studi di Universitas. Berbagai macam kegiatan pondok yang kurang sejalan dengan kampus, membuat diri ini sedikit bingung dalam membagi waktu.

Namun, ini semua seharunya malah membuat ane menjadi semangat. Karena, selain jadwal yang harus diatur sedemikian rupa,, transportasi yang masih dengan jalan kaki, serta jarak antara kampus dan pondok lumayan loh kalo untuk pejalan,, lumayan melelahkan. Terlebih lagi kalo ada jam kuliah puuagi. Belum selesai ngaji pagi,, eh kuliah dah masuk. Secepat kilat bergegas menuju kampus atau bakalan keduluan dosen yang masuk kelas

Gak aneh juga,, nih buktinya ane masih sempatnya untuk mengururus sebuah event dan alhamdulillah sampe Suksenya REOC.

Lanjut...
Setelah dipikir-pikir, sepertinya ane terlalu banyak mengeluh dengan semua kesulitan ini,, ditengah lagi mikirin ini, ketika ngaji rutinan tadi pagi, Kyai mengatakan mengenai Quran surat alam Nasrah yang ini :


Ayat yang sama sampe diulang dua kali. Dijelaskan pula kalo kalimat العُسرِ يُسرًا yang kata العسر mengunakan alif lam yang menandakan isim Ma'rifah, sedang yang يُسرا gak pake alif lam yang menandakan nakiroh. Melihat susunan kalimat demikian,, berarti yang isim ma'rifah kalimat yang dimaksud sudah jelas ada satu, sedang yang nakiroh berarti kalimatnya menandakan masih ada banyak yang mengenai "kemudahan".

Maksudnya,, ketika kita bingung dengan kesulitan yang kita alami, sebenarnya kesulitan itu sudah jelas dan hanya ada satu pula, sedang kemudahan itu ada banyak sesuai dalam ayat tersebut.

Nah,, sebenarnya tuh kita mengeluh pada satu kesulitan saja., sedang kemudahan itu pasti ada banyak dalam hidup ini. Memang kita manusia yang sulit untuk bersyukur dan menyadari akan nikmat kemudahan dari Tuhan. Kan Allah sudah menjelaskan dalam ayat di atas, bahwa kemudahan itu ada pada kesulitan,, yang padahal kemudahan yang kita peroleh lebih banyak dari pada kesulitannya.

Entah kenapa kalimat ini yang sangat tepat sasaran di diri ini. Ketika tugas yang penuh dengan deadline, sedang kapasitas waktu yang selalu sama setiap  harinya. Membuat seperti terasa lelah. Ane hampir lupa,, bahwa bisa menikmati segala tugas yang ada.

Kalau pun merasa suntuk dengan segala tugas, maka kan bisa ane ganti gaya pembelajaran atau pengerjaan tugas seperti rasa yang ane sukai ketika bermain game. Lelah?? Cukup istirahat SEBENTAR kembali lagi pada tugas kita,, mengingat kembali masih ada kemudahan yang Allah berikan.

Jadi,, sebenarnya usaha yang ane lakukan ini belum selesai sampai di sini. Bagi kalian yang ingin menyerah terhadap satu keadaan atau satu pekerjaan,, maka Allah menjelaskan lagi di ayat berikiutnya.

Jika kita telah  usai menyelesaikan dengan suatu urusan kita, maka bukan berarti telah usai juga semua usaha kita. Allah memerintahkan untuk kerjakan urusan yang lain dengan sungguh-sungguh. Beberapa ahli tafsir mengatakan penjelasan ayat ini seperti,: setelah usai melakukan suatu pekerjaan maka lakukan urusan akhirat, ada juga yang mengatakan setelah shalat maka berdoalah.

Nah, kita sendiri paham atau sedikit tersindir dengan adanya ayat ini. Ane meresa.. (gak tau kalau kalian). Karena begini,, ketika di bagian lingkup kuliah, menafsirkannya seperti ini. Jika ane telah selesai dengan suatu tugas kuliah, maka kerjakan urusan yang lain. Tapi urusan yang lain ini sebenernya adalah tugas kuliah yang lain pula, bahkan masih ada kewajiban kita untuk ngaji dan belajar De eL eL.

Mungkin benar jika hal ini adalah berat dan tak mudah, mungkin bernar jika hal ini adalah melelahkan,, tapi kita lihat lagi firman Allah yang di ayat 5-6 tadi. Sesudah kesulitan ada kemudahan. Maka,, Allah mustahil bohong, pasti ada kemudahan pada kesulitan yang ada. Namun kemudahan itu sedniri setelah kesulitan. Pun,seperti yang ane jelaskan tadi, kemudahan yang kita peroleh tidak hanya satu saja, melainkan ada banyak.

Sabtu, 20 September 2014

Suksesnya REOC-Research Expo and Competition 2014

Kesenangan dan kecerian muncul di setiap wajah mahasiswa teknik Informatika utamanya panitia, dalam sebuah event di kamus ini. Setelah melewati begitu banyak halangan dan rintang yang membentang, tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran,, haha Panitia Sakti.

Akhirnya sukses juga acara REOC-Research Expo and Competition 2014 ini. Berbagai peserta dengan bermacam inovasi ide produk dan research mereka memeriahkan acara ini. Begitu cemerlang lah, dapat memberikan kita beberapa inspirasi atau refrensi ide tambahan.


Acara REOC yang diadakan oleh jurusan teknik Informatika ini sungguh luar biasa dan sukses dilaksanakan selama 3 hari. Pembukaan yang kemudian langsung produk-produk peserta dipamerkan (bukan Ria') dan malemnya kita sebagai panitia memberikan jamuan malam. #ini yang mantab

Esoknya diteruskan lagi bersamaan penjurian. Full seharian dewan juri memberi nilai pada para peserta, diikuti dengan meningkatnya jumlah pengunjung dari hari ke hari. Hari ke tiga alias hari terakhir ditutup dengan pengumuman juara.

Keren bro,,,,,, juara satu diraih oleh Apsoluz, Mahasiswa UB-Universitas Brawijaya Malang. Tetangga kita yang dapet juara, gak nyangka juga sih. Tapi emang keren dan cemerlang ide produk mereka. Apa itu?
Lung Smartcare nama produknya. Sebuah aplikasi smartphone yang bisa mendeteksi penyakit paru-paru. Hanya dengan mengandalkan voice dari mikrofon smartphone sudah bisa mengetahui sesehat apa kita, ada penyakit apa di paru-paru kita.

Dalam peragaannya, setelah aplikasi running kemudian kita menarik nafas dalam, kemudian tekan tombol rekam seketika kita hembuskan nafas seperti meniup sebuah lilin. Selesai, maka akan keluar data-data.

Ini gambarnya,, pantengin aja! Eh ya,, mereke sudah bekerja sama dengan rumah sakit Saiful Anwar. So, tentang penelitian mereka sudah pasti deh kualitasnya.

Bisa dengan mudah ki tajangkau karena cuma butuh smartphone.


Eits,, gak hanya itu. Peserta lainnya juga gak kalah saing, walau gak dapet juara resmi. Contohnya aja ada ada Coklat ama Late dari daun bambu, hasil penelitian mahasiswa Kedokteran UNISMA-
Universitas Islam Malang,
Ada juga game 3D bernuansa petualangan layaknya game GTA yang terkenal itu, namun di game dengan judul Jogo Surabaya ini, kita berpetualang ala satpol PP dengan map daerah kota Surabaya. Mereka cukup keren, karena menggunakan game engine yang jarang digunakan di Indonesia. Ini gambarnya, mereka dari ITAT Surabaya.

Jogo Suroboyo bersama Crew


Lainnya ada yang membuat produk game 2 D, mesin pembuat cilok otomatis, web sosial media asli Indonesia, Robot Tempat Sampah. Keren dah pokoknya, pemikiran kreatif mereka cukup membuat kita sebagai pengunjung tertarik dan dapat memberi inspirasi, gitu lah.

Gak hanya dari mahasiswa, pesertanya sendiri berasal dari anak  SMP, dosen, bahkan ada juga santri Pondok Pesantren yang mendaftarkan dengan produk bahan bakar energi dari air laut. Masih buanyak lagi yang lainnya.

Mana tuan rumahnya??? Oh ya, gak lupa juga tuan rumahnya.. Robot cerdas, ada robot Humanic, Line Tracer, dan mobil sensor. Mereka dari jurusan Teknik Informatika. Ada juga dari jurusan arsitektur dengan produk batu bata dari Kertas sampah, pun peserta dari jurusan biologi dan fisika. Masih ada yang lain sebenarnya, banyak deh pokonya, baik dari tuan rumah maup dari luar.

Gak kerasa sebagai seorang panitia, acara tersebut sudah terlewat dengan berhasil. Acara seperti ini sepertinya cukup memberi manfaat baik bagi peserta, panitia juga para pengunjung. Memang sejak awal, kita ingin memberi kesadaran kepada civitas akademika kampus betapa pentingnya penelitian itu, yang sebenarnya gak kalah saing dengan para ilmuwan luar negeri. 

Hal ini sebenarnya mengingatkan kita betapa besar jasa mereka para ilmuwan Muslim yang sebenarnya adalah cikal bakal dari teknologi modern. Seperti Ibnu Sina-kedokteran, al-Haytam-yang memiliki ide cemerlang tentang cikal dari koncep kamera digital, Abdul Qasim al-Zahrawi-orang-orang menyebut beliau Ayah pengobatan modern(penemu alat operasi modern), al-Jazari-insinyur juga ilmuwan penemu konsep mesin piston, masih banyak lainnya.

Semoga dari semua produk yang didaftarkan pada REOC-Research Expo and Competition 2014 dapat memberi manfaat baik bagi para peneliti maupun bagi masyarakat.

Sekali lagi wajah puas dan ceria tergambar di wajah para panitia. Ini nih gambarnya...
Ini foto panitia bareng dewan Juri(belakang)

Ngeksis dulu sebelum bersih-bersih




 Foto bawah ini terlalu bahagia panitianya, sampai full ekspresi.




Jumat, 25 Juli 2014

Lomba Keren - Research Expo And Competition 2014

Info Lomba,, info Lomba...

Kabar gembira bagi kita semua,...


Ada info lomba apik, menarik, dan fantastik. Sungguh sayang jika hanya dilewatkan tanpa berpartisipasi. Sebuah ajang tingkat Internasional, Expo Penelitian dan Kompetisi. Segala jenjang usia dapat bergabung. Tak lain event ini adalah REOC 2014 - Research Expo And Competition Asia Region, yang diadakan oleh jurusan Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang - Indonesia.

REOC 2014 adalah pameran dan kompetisi untuk mempromosikan produk penelitian yang berpotensi untuk memecahkan berbagai macam permasalahan masyarakat dan lingkungan, serta berbagai isu-isu Global saat ini. Pemenang akan diberikan penghargaan medali Emas, Perak dan Perunggu. Dengan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan penelitian di seluruh daerah tingkat ASIA.

TOPIK
1. Computing (Intelligent System, Soft Computing, 3D Modelling, Net-centric & Mobile Computing, Multimedia, Medical Imaging, Information System, Game Technology, Software Engineering).
2. Electrical & Power System (Electronics, Telecommunication, Power Plant & Distribution, Control System, Digital System).
3. Robotics (Robot Mechanics, Robot Control System, Intelligent Robot).
4. Energy (Renewable Energy, Solar System, Wind Energy,Geo Thermal, Petroleum).
5. Science (Biology, Chemistry, Physics, Mathematics).
6. Geo Information (GIS, Remote Sensing, Laser Scanning, Satellite Imaging,Digital Elevation,Model,Terrain,Bathymetry).
7. Architecture (Building Design, Landscape, City Planning).
8. Agricultural (Farming, Plantation).
9. Automotive (Brake System,MotorEngine,TransmissionSystem).
10. Transportation.
11. Aviation.
12. Production System.
13. Military & Defence Technology.
14. Outer Space Exploration.
15. Natural Resources & Environmental Management.

Syarat
1. Hasil penelitian asli
2. Bentuk presentasi dapat berupa prototipe atau non-prototipe
3.  Untuk setiap produk peneliatian, peserta dapat menjadi perseorangan atau kelompok, tapi kami hanya melayani 2 makanan gratis perhari.
4. Informasikan kepada kami mengenai persyaratan tertentu untuk menyajikan produk anda

Pemenang
1. Golden Medal (1st Prize) + Award
2. Silver Medal (2nd Prize) + Award
3. Bronze medal (3rd Prize) + Award

Pendaftaran dan Biaya
1. Mengisi formulir pendataran dan kirimkan ke email : admin@ti.uin-malang.ac.id (formulirnya di sini)
2. Biaya pendaftaran melalui :
  • Nama Bank : BCA (Bank Central Asia), Indonesia
  • Nomor rekening : 0481212293
  • Atas nama : Ulfa Rosyidah Maynasari
  • Jumlah biaya pendaftaran adalah : Rp 250.000 (untuk peserta lokal), dan US$50 (untuk peserta Internasional)
  • Mengirim bukti pembayaran ke email : admin@ti.uin-malang.ac.id
  • Peserta diperbolehkan hanya medafatarkan satu produk penelitian
Tanggal Penting
1. Pendaftaran terakhir tanggal 11 Agustus 2014
2. Pembayaran terakhir tanggal 25 Agustus 2014
3. Peserta wajib mengirimkan detail dari produk penelitian sebelum 8 September 2014
4. Pelaksanaan Research Expo And Competition pada tanggal 15-17 September 2014


Selengkapnya Bisa ke sini !
Web                     : REOC '14
Email                    : admin [at] ti.uin-malang.ac.id
Fanspage              :  www.facebook.com/reoc.id
Twiter                   :  https://twitter.com/reoc_id
Address                : Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang, 50 Gajayana Street, Malang, East Java, Indonesia.
Contact Person     : Dr. Cahyo Crysdian / +6281 64299881

Senin, 21 Juli 2014

Sasi Poso-Bulan Puasa

Bulan ramadhan tahun ini yaitu 2014 M, bertepatan dengan 1435 H. Berdasar keputusan menteri agama tanggal 27 Juni 2014 pada sidang itsbat menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 29 Juni 2014, sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa di seluruh Indonesia dari sejumlah titik 62 tempat dari Sabang sampai Merauke hilal (1 Ramadhan) tidak bisa dilihat di seluruh tempat. Karena itu,  menteri agama menetapkan tanggal 1 Ramadhan ditetapkan tanggal 29 Juni Hari Minggu.


Bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk puasa, apasih puasa itu?
Konotasi puasa orang awam memberi arti yang jauh dari maksud sesungguhnya.
1. Poso, artinya opo-opo kerso. Artinya, memang tidak puasa.
2. Sasi poso, sing poso sasine, wonge ora  usah poso.
3. Poso, artinya tidak makan dan tidak minum, tapi tidur terus. Itu nilainya hanya 50%.

Puasa itu perbuatan yang misteri. Ada orang gemuk tidak mampu puasa, tetapi yang kurus malah mampu berpuasa. Ada pimpinan kantor tidak kuat puasa tetapi stafnya malah kuat puasa.

Perintah puasa itu, tidak diperintahkan pada waktu nabi Muhammad berada di kota Mekah, tetapi perintah puasa itu baru diperintahkan setelah nabi berada di kota Madinah selang 7 bulan. Ada lima paket yang diperintahkan pada waktu itu"
1. Umat islam wajib berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan.
2. Umat islam diperintahkan berzakat, baik zakat mal maupun zakat fitrah.
3. Dianjurkannya shalat Id, baik idul fitri maupun idul adha.
4. Berpindah kiblat, dari masjidil Aqsa Palestina, ke kakbah di Mekkah.
5. Mempersaudarakan penduduk dari kota mekkah namanya Muhajirin, dengan penduduk Asli Madinah atau anshor.

Ada beberapa kehebatan dalam bulan suci ramadhan.
1. Turunnya malam lailatul qadar, pada 10 terakhir
2. Banyak membaca Quran
3. Banyak bersedekah
4. Dikuranginya prilaku tercela, seperti berkata bohong, adu domba, mencaci maki, bahkan bermusuhan dsb.

Perintah puasa pada tahun ke dua Hijrah, pada waktu itu islam masih ringkih. Nabi berada di kota madinah tidak punya apa-apa. Rumah yang ditempati orang muhajirin masih menyewa, boleh jadi kontrak pada waktu sekarang, seluruh toko dan dagangan yang di kota Mekkah ditinggal sama sekali, hanya mengikuti jejak Rasulullah.

Namun apa dikata, kota madinah mendadak sontak menjadi daerah yang subur. Ada delapan macam sumber mata air di kota madinah. Sampai sekarang penghasil kurma yang terbesar di jazirah arab adalah dari kota madinah. Mud-h mudahan peringatan ini untuk memicu kita sebagai kaum muslimin yang siap menerima perintah Tuhan sehingga kita sedikit bisa menyamai dengan madinah.

Ada beberapa momentum bulan ramadhan tahun ini:
  1. Bulan ramadhan ini di musim kemarau, tapi anehnya  di Jakarta hujan lebat dan banjir. Karena di sana banyak maksiat.
  2. Bulan ramadhan ini, terjadi pemilihan presiden. Ada pun nanti yang jadi tebakan saya adalah, yang suaranya terbanyak.
  3. Pada bulan ramadhan ini, terjadi gempa bumi di kota pacitan.
  4. Di bulan ramadhan ini datang gaji yang ke 13 dan ada rapelan.
  5. Di bulan juli ini harga brambang naik, begitu pula bahan-bahan lain.
  6. Di bulan ramadhan ini negara palestina di guyur roket habis habisan oleh negeri Israel. Namun anehnya terjadi genjatan senjata atas usulan perdana menteri mesir, bukan dari negara adi daya AS. Anehnya kelompok hamas di palestina tidak mau menerima. Mudah-udahan agresi Israel ke Palestina cepat selesai.