.

.

Jumat, 25 Juli 2014

Lomba Keren - Research Expo And Competition 2014

Info Lomba,, info Lomba...

Kabar gembira bagi kita semua,...


Ada info lomba apik, menarik, dan fantastik. Sungguh sayang jika hanya dilewatkan tanpa berpartisipasi. Sebuah ajang tingkat Internasional, Expo Penelitian dan Kompetisi. Segala jenjang usia dapat bergabung. Tak lain event ini adalah REOC 2014 - Research Expo And Competition Asia Region, yang diadakan oleh jurusan Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang - Indonesia.


REOC 2014 adalah pameran dan kompetisi untuk mempromosikan produk penelitian yang berpotensi untuk memecahkan berbagai macam permasalahan masyarakat dan lingkungan, serta berbagai isu-isu Global saat ini. Pemenang akan diberikan penghargaan medali Emas, Perak dan Perunggu. Dengan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan penelitian di seluruh daerah tingkat ASIA.

TOPIK
1. Computing (Intelligent System, Soft Computing, 3D Modelling, Net-centric & Mobile Computing, Multimedia, Medical Imaging, Information System, Game Technology, Software Engineering).
2. Electrical & Power System (Electronics, Telecommunication, Power Plant & Distribution, Control System, Digital System).
3. Robotics (Robot Mechanics, Robot Control System, Intelligent Robot).
4. Energy (Renewable Energy, Solar System, Wind Energy,Geo Thermal, Petroleum).
5. Science (Biology, Chemistry, Physics, Mathematics).
6. Geo Information (GIS, Remote Sensing, Laser Scanning, Satellite Imaging,Digital Elevation,Model,Terrain,Bathymetry).
7. Architecture (Building Design, Landscape, City Planning).
8. Agricultural (Farming, Plantation).
9. Automotive (Brake System,MotorEngine,TransmissionSystem).
10. Transportation.
11. Aviation.
12. Production System.
13. Military & Defence Technology.
14. Outer Space Exploration.
15. Natural Resources & Environmental Management.

Syarat
1. Hasil penelitian asli
2. Bentuk presentasi dapat berupa prototipe atau non-prototipe
3.  Untuk setiap produk peneliatian, peserta dapat menjadi perseorangan atau kelompok, tapi kami hanya melayani 2 makanan gratis perhari.
4. Informasikan kepada kami mengenai persyaratan tertentu untuk menyajikan produk anda

Pemenang
1. Golden Medal (1st Prize) + Award
2. Silver Medal (2nd Prize) + Award
3. Bronze medal (3rd Prize) + Award

Pendaftaran dan Biaya
1. Mengisi formulir pendataran dan kirimkan ke email : admin@ti.uin-malang.ac.id (formulirnya di sini)
2. Biaya pendaftaran melalui :
  • Nama Bank : BCA (Bank Central Asia), Indonesia
  • Nomor rekening : 0481212293
  • Atas nama : Ulfa Rosyidah Maynasari
  • Jumlah biaya pendaftaran adalah : Rp 250.000 (untuk peserta lokal), dan US$50 (untuk peserta Internasional)
  • Mengirim bukti pembayaran ke email : admin@ti.uin-malang.ac.id
  • Peserta diperbolehkan hanya medafatarkan satu produk penelitian
Tanggal Penting
1. Pendaftaran terakhir tanggal 11 Agustus 2014
2. Pembayaran terakhir tanggal 25 Agustus 2014
3. Peserta wajib mengirimkan detail dari produk penelitian sebelum 8 September 2014
4. Pelaksanaan Research Expo And Competition pada tanggal 15-17 September 2014


Selengkapnya Bisa ke sini !
Web                     : REOC '14
Email                    : admin [at] ti.uin-malang.ac.id
Fanspage              :  www.facebook.com/reoc.id
Twiter                   :  https://twitter.com/reoc_id
Address                : Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang, 50 Gajayana Street, Malang, East Java, Indonesia.
Contact Person     : Dr. Cahyo Crysdian / +6281 64299881

Senin, 21 Juli 2014

Sasi Poso-Bulan Puasa

Bulan ramadhan tahun ini yaitu 2014 M, bertepatan dengan 1435 H. Berdasar keputusan menteri agama tanggal 27 Juni 2014 pada sidang itsbat menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 29 Juni 2014, sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa di seluruh Indonesia dari sejumlah titik 62 tempat dari Sabang sampai Merauke hilal (1 Ramadhan) tidak bisa dilihat di seluruh tempat. Karena itu,  menteri agama menetapkan tanggal 1 Ramadhan ditetapkan tanggal 29 Juni Hari Minggu.


Bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk puasa, apasih puasa itu?
Konotasi puasa orang awam memberi arti yang jauh dari maksud sesungguhnya.
1. Poso, artinya opo-opo kerso. Artinya, memang tidak puasa.
2. Sasi poso, sing poso sasine, wonge ora  usah poso.
3. Poso, artinya tidak makan dan tidak minum, tapi tidur terus. Itu nilainya hanya 50%.

Puasa itu perbuatan yang misteri. Ada orang gemuk tidak mampu puasa, tetapi yang kurus malah mampu berpuasa. Ada pimpinan kantor tidak kuat puasa tetapi stafnya malah kuat puasa.

Perintah puasa itu, tidak diperintahkan pada waktu nabi Muhammad berada di kota Mekah, tetapi perintah puasa itu baru diperintahkan setelah nabi berada di kota Madinah selang 7 bulan. Ada lima paket yang diperintahkan pada waktu itu"
1. Umat islam wajib berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan.
2. Umat islam diperintahkan berzakat, baik zakat mal maupun zakat fitrah.
3. Dianjurkannya shalat Id, baik idul fitri maupun idul adha.
4. Berpindah kiblat, dari masjidil Aqsa Palestina, ke kakbah di Mekkah.
5. Mempersaudarakan penduduk dari kota mekkah namanya Muhajirin, dengan penduduk Asli Madinah atau anshor.

Ada beberapa kehebatan dalam bulan suci ramadhan.
1. Turunnya malam lailatul qadar, pada 10 terakhir
2. Banyak membaca Quran
3. Banyak bersedekah
4. Dikuranginya prilaku tercela, seperti berkata bohong, adu domba, mencaci maki, bahkan bermusuhan dsb.

Perintah puasa pada tahun ke dua Hijrah, pada waktu itu islam masih ringkih. Nabi berada di kota madinah tidak punya apa-apa. Rumah yang ditempati orang muhajirin masih menyewa, boleh jadi kontrak pada waktu sekarang, seluruh toko dan dagangan yang di kota Mekkah ditinggal sama sekali, hanya mengikuti jejak Rasulullah.

Namun apa dikata, kota madinah mendadak sontak menjadi daerah yang subur. Ada delapan macam sumber mata air di kota madinah. Sampai sekarang penghasil kurma yang terbesar di jazirah arab adalah dari kota madinah. Mud-h mudahan peringatan ini untuk memicu kita sebagai kaum muslimin yang siap menerima perintah Tuhan sehingga kita sedikit bisa menyamai dengan madinah.

Ada beberapa momentum bulan ramadhan tahun ini:
  1. Bulan ramadhan ini di musim kemarau, tapi anehnya  di Jakarta hujan lebat dan banjir. Karena di sana banyak maksiat.
  2. Bulan ramadhan ini, terjadi pemilihan presiden. Ada pun nanti yang jadi tebakan saya adalah, yang suaranya terbanyak.
  3. Pada bulan ramadhan ini, terjadi gempa bumi di kota pacitan.
  4. Di bulan ramadhan ini datang gaji yang ke 13 dan ada rapelan.
  5. Di bulan juli ini harga brambang naik, begitu pula bahan-bahan lain.
  6. Di bulan ramadhan ini negara palestina di guyur roket habis habisan oleh negeri Israel. Namun anehnya terjadi genjatan senjata atas usulan perdana menteri mesir, bukan dari negara adi daya AS. Anehnya kelompok hamas di palestina tidak mau menerima. Mudah-udahan agresi Israel ke Palestina cepat selesai. 


Selasa, 01 Juli 2014

Bapak Kacamata Hitam di Bulan Ramadhan

Ilustrasi gambar dari google

Bulan puasa sudah tiba, masjid ini selalu penuh dengan warga untuk melaksanakan ibadah dan amalan-amalan sunah Ramadhan. Salat jamaah, tarawih, i’tikaf, tadarus dan lain sebagainya, semuanya mewarnai dan menghiasi kehidupan masyarakat di sini, di bulan yang insya Allah penuh dengan berkah.

Kekaguman muncul melihat antusias warga sekitar, masjid selalu menjadi tujuan utama. Tak hanya sekedar pergi kemasjid, adat mereka pun begitu luar biasa santun. Tak ada satu pun yang berpenampilan dengan pakaian yang tak layak, para penjual entah mengapa tak berjualan di siang hari, hingga tetangga-tetangga beragama lain seperti Katolik, Kristen maupun Konghucu begitu menghargai apa yang kita lakukan.

Tak ada pemberontakan terlihat, mereka justru memperlihatkan rasa persaudaraan. Satu pemandangan yang selalu tampak di bulan ini, pemandangan yang begitu mengharukan dan dapat diambil pelajaran bagi kita. Gini ini cerita ane pribadi yang nyata. Setiap ane salat jamaah tarawih di masjid, pasti selalu ada seorang bapak-bapak berkacamata hitam.

Entah apa yang dipikirkannya, hingga membuatnya salat dengan memakai kacamata hitam. Ane lihat juga ada sebuah tingkat yang selalu ia bawa, jadi ketika salat tongkat yang bisa dilipat jadi panjang maupun pendek dijadikannya sebagai pembatas shaf depan.

Ane tak begitu menghiraukannya. Ternyata benar, dia seorang tunanetra. Terlihat ketika sang bilal mengumandangkan iqomah, si bapak kacamata hitam berjalan menggunakan tongkat mengisi shaf dengan dua bocah yang menuntunnya.

Info pun ane peroleh, benarlah apa yang ane pikirkan. Bapak berkacamata hitam tadi ternyata memiliki keterbatasan pada penglihatan.

Tapi keesokannya ane menjumpai bapak itu, lagi dan lagi. Selalu didampingi oleh dua orang anak laki-laki, yang karakteristik bentuk wajahnya sangat mirip dengan bapak berkacamata hitam tadi. Mungkin juga anaknya.

Entah, ditengah salat ane tak kuasa air mata ini menetes. Tak kuasa ane menahan. Seorang yang dengan keterbatasan seperti dia, masih begitu semangat untuk salat jamaah di masjid, padahal kalau ane imajinasikan jadi orang buta, bakalan repot dan sulit. Namun tidak dengan bapak berkacamata hitam ini, dengan dibantu dua putra yang selalu mengisi hari-harinya di masjid ini.

Bahkan sang anak pun dengan ikhlas selalu menuntun bapak kacamata hitam ini, baik dalam menentukan arah salat, menentukan batas salat, hingga mengantarkan pulang. Terlihat bocah-bocah ini begitu menyayangi bapak berkacamata, ikhlas tanpa ada rasa beban.

Suatu ketika dia bersama kawan sebayanya, mereka begitu asik bercanda, berlari kesana-kemari. Tampak dia ingin ikut bergabung bersama kawan-kawannya, sepertinya dia tak beranjak meninggalkan tempat duduk. Sepertinya lebih memilih untuk menemani sang ayah dari pada bergabung dengan kawan-kawannya.

Begitu besarnya rasa ikhlas sang bocah, dia lebih memlih menemani dan ayah. Ini bukan suatu hal yang akan dipilih oleh setiap bocah.

Kita harusnya dapat mengambil pelajaran dari ketekunan bapak dan bocah tadi. Dengan keterbatasan penglihatan, namun masih tetap melaksanakan amalan-amalan sunah ramadhan. Palagi kita yang dalam keadaan sehat sekarang ini. Rasa syukur seharus yang kita miliki, kita wujudkan dengan beramal sholeh, dan melaksanakansemuja perintah Allah.

Sepertinya akan berbeda dengan apa yang ane lihat secara langsung, dengan apa yang kalian baca sekarang ini.

Kamis, 19 Juni 2014

PAGELARAN SENI SANTRI " SPECTACULAR SHOW 1549 " ( Trailer )

PAGELARAN SENI SANTRI " SPECTACULAR SHOW 1549 " ( Trailer )


" Sebuah Pagelaran yang akan mengguncang dunia ,,, "

Nantikan !

Oktober 2014

-(Pant-SS1549)-

Minggu, 04 Mei 2014

Hari Buruh dan Ikhlas


Tanggal 1 Mei kalian tahu hari apa?
Yak,, hari Buruh internasional. Kali ini gak bahas hari MAY DAY, tapi hari liburrr... hehehe


Ini kami satu kelas jurusan Teknik Informatika sepakat melaksanakan liburan untuk meghabiskan sisa uang iuran kas. Lumayan banyak, bahkan cukup untuk memesan truk (carter), yang jarak perjalanan lumayan jauh,cukup untuk menghabiskan energi, cukup untuk menghabiskan bensin motor 2 liter.

Ke mana tujuannya??

Pantai....

Sempat bingung, karena  terjadi musibah (pra perjalanan). Uang kami hilang, dicuri gitu. Tak hanya itu, uangnya si Bendahara juga jadi korban. Walau yang hilang cuman setengahnya, tapi sungguh kasihan. Semua berharap bisa ketemu tuh uang hilang. Bu Bendahara begitu lemes ketika kita kumpul ngebahas tour kita. Namuan mau gimana lagi. Akhirnya ane saran kan untuk mengambil kemungkinan paling buruknya saja, yaitu uang tidak kembali dan kita iuran lagi untuk menutup sisanya.

Temen-temen setuju. Kalau emang bener-bener ingin uangnya kembali, satu cara yang sangat baik,, yaitu dengan tidak berharap uangnya kembali alias diikhlaskan. Nah,, inilah seharunya yang menjadi pelajaran kita. Mungkin saja ini adalah teguran dari Gusti Allah pada kita yang sok gak mau sedekah. Kan dari pada ngambil uang kita satu-satu, mending langsung diambil dari uang kas kita.

Ikhlas

Sedekah itu seharsunya tidak saat akhir Ramadhan saja (zakat maksutnya), seharusnya kan lebih sering gitu. Sebagai rasa syukur kita, atas segala nikmat yang ada pada diri ini.  Siapa tahu aja si pencuri emang lebih butuh uang dari pada kita. Setuju???

Makanya kita doakan saja, semoga hilangnya uang kita bisa menjadi berkahya rezeki kita!!! Dan untuk yang nyuri semoga dilapangkan rezekinya, dan tidak diulangi perbuatanya.

Hari H..

Pada nunggu truk datang.


Di atas truk..



Yang agak nyebelin adalah saat temen-temen sudah sampai pada batasnya, kecapekan di atas truk yang berjalan lebih dari 70 km. Ya, wajar aja sih. Kan merek manusia, diperlakukan seperti itu. Naik truk yang seperti naik roller coster sedangkan tak ada tempat duduk yang layak, bahkan pada berdiri semua.

"Ommmm, gak kuat, kapok, ayo pulang." gitu lah yang dieluhkan pada ane dengan wajah begitu pucet, lagi melas seperti orang mules yang sedang males.

Sudah mencapai 90% perjalanan. Sedikit lagi sampai tujuan. Berharap mereka baik-baik saja!

Namun tak disangka, mereka lebih bugar ketika sampai di tempat. Serasa terbalas semuanya dengan melihat pantai yang indah. Ombak yang cukup gede dengan degan warna ijo yang menarik mata serta menarik kaki untuk menendang. eh..


Kecerian mereka sungguh liar biasa, melepas penatnya hidup. Subhanallah, betapa luarbiasanya alam Yang Engkau ciptakan !

artinya
takanlah: "Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu."

Nah, so kawan-kawan siapa yang mendustakan kebenaran Allah sang Pencipta yang tiada bandingan.??
Dari sini seharusnya kita tambah instropeksi,, semoga kita semua tidak semakin lupa.


Minggu, 27 April 2014

Hal Unik Berbau Indonesia

1. Kota “Tempe” di Arizona, USA
Tempe adalah sebuah kota di Maricopa County, Arizona, Amerika Serikat, dengan populasi penduduk pada tahun 2008 sebanyak 175.523. Tempe terletak di bagian Timur Lembah Phoenix Metropolitan Area, dibatasi oleh Phoenix dan Guadalupe di sebelah barat, di utara Scottsdale, Chandler di selatan, dan Mesa di timur. Tempe adalah lokasi kantor pusat perusahaan US Airways Group, dan kampus Arizona State University tertua dan terbesar.
enak nih digoreng..
2. Pemain Bola Bernama Karel “Pitak” di Czech Republic
Karel Piták (lahir 28 Januari 1980) adalah pemain sepak bola asal Republik Ceko dan bermain sebagai pemain tengah. Dia kini bermain untuk FC Red Bull Salzburg dan tim nasional sepak bola Republik Ceko.
Add caption

3. Sungai “Gila” di Arizona, USA
Sungai Gila adalah anak sungai dari Sungai Colorado, panjangnya 650 mil (1.044 kilometer) terletak di antara New Mexico dan Arizona.
Gila lu Ndro....
4. Taman Indonesia di Parc Paradisio Conservation Park, Brugelette, Belgium
Taman Indonesia pertama di Eropa ini terletak di Taman berlokasi di Parc Paradisio, Brugelette, Belgia. Kompleks besar taman Indonesia seluas 5 hektar ini memang langka, unik sekaligus istimewa, tidak hanya bagi masyarakat Eropa tapi bagi warga Indonesia di Eropa. Di taman ini ada Puri Agung Shanti Buwana, sebesar ukuran sesungguhnya di Bali, berdiri di atas sawah bertingkat ala sawah di Ubud.
Selain itu juga dilengkapi dengan replika besar candi Prambanan yang menjulang tinggi, serta bongkahan batu besar berderet ala Gunung Kawi di balik tembok candi.
Di depan gerbang tampak Rumah Toraja, replika candi Borobudur dan di bagian belakang tampak rumah tradisional Nusa Tenggara Timur, berderet melingkari ujung taman. Ini masih diperindah dengan beragam patung, akar pohon tua, dan batang kayu pohon besar, yang telah menjadi fosil dari daerah Banten.
5. Jalan Soekarno dan Jalan Jakarta di Maroko
Jika di Jakarta ada jalan bernama Casablanca, sebuah kota terkenal di Maroko, maka di Maroko juga terdapat nama-nama jalan berbau Indonesia. Tak tanggung-tanggung nama presiden pertama Indonesia, Soekarno, ‘dicatut’ menjadi nama jalan di Maroko. Juga ada Jalan Jakarta.

5. Jalan Kartini di Belanda
Pada tanggal 21 April, Belanda tidak memperingati hari Kartini, seperti di Indonesia. Namun demikian nama Kartini cukup dikenal di Belanda sebagai pejuang hak-hak perempuan.
Bahkan beberapa kota Belanda memiliki nama jalan R.A . Kartini.
Utrecht
Di Utrecht Jalan RA Kartini atau Kartinistraat terletak di kawasan tenang dengan perumahan apik dan kebanyakan dihuni kalangan menengah. Jalan utama ini berbentuk ‘U’ yang ukurannya lebih besar dibanding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh perjuangan lainnya seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Chez Geuvara, Agostinho Neto.
Venlo
Di Venlo Belanda Selatan, RA Kartinistraat berbentuk ‘O’ di kawasan Hagerhof, di sekitarnya terdapat nama-nama jalan tokoh wanita Anne Frank dan Mathilde Wibaut.
Amsterdam
Amsterdam, ibukota Belanda, juga mengabadikan nama penjuang hak-hak perempuan Jawa di abad 17 itu. Wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap. Di sekitarnya adalah nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah: Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, Isabella Richaards.
Harum...
Paling menarik mengamati letak jalan Kartini di Haarlem. Di sana jalan Kartini berdekatan dengan jalan Mohammed Hatta, Sutan Sjahrir dan langsung tembus ke jalan Chris Soumokil presiden kedua RMS (Republik Maluku Selatan.)

Inilah Kendali Dunia

Ma’had Sunan Ampel Al Aliy UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sebuah mahad yang sudah berumur sekitar 16 tahun, tetap eksis dengan sedemikian agendanya yang begitu bergengsi. Tidak hanya “Pagi Bahasa” (Subaghul Lughah) yang sebagai rutinitas pagi kita sebagai Mahasantri, namun juga kegiatan yang spektakuler dan magnificant.

Contohnya seperti tahun kemaren diadakan lomba manasik Haji. Ini sungguh luar biasa,baik acara serta antusias dari para mahasantri. Termasuk para cowok hingga mengenakan pakaian ala ihram beneran, tanpa busana berjahit.

Meriah brow., hingga ada yang begitu menjiwai manasik sampe menangis segala. Subhanallah..!
Nah, kali ini adalah “Gebyar Bahasa”. Lomba-lombanya luar biasa keren, seperti: Mading 3D, Debat Bahasa, Demo Bahasa dan Duta Bahasa. Bagaimana sebenarnyapengaruh bahasa yang begituluarbiasa kepada kehidupan ini. Ini adalah sebagai alat komunikasi, barang siapa yang bisa menguasai dua bahasa asing ini, Insya Allah bakalan mudah urusannya. yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Pagi ini adalah pembukaan Gebyar Bahasa sekaligus lomba Mading 3Dnya. Keren-keren ternyata. Selain disain artistik, tapi juga penjelasan baik dari filosofisnya yang mumtaz.

Berikut ini gambarnya !
Ini dari Mabna Al Ghozali
Kalo yang ini dari Mabna Ibnu Kholdun

Nah, yang ini paling ujung, Mabna Al Faraby
Kalo untuk mabna ane sendiri, dari mabna Ibnu Sina. Di sini mading kita menjelaskan tentang kendali dunia.
Dijelaskan bahwa perkembangan dunia berada di kendali Indonesia. Dengan ilmu yang kita miliki dapat mengatur hal tersebut, namun tetap berlandaskan pada Ulul Albab.

Jadi, walau berilmu saintis namun tetap berjiwa Ulul Albab, seperti yang dijelaskan pada gambar berikut ini!!


Ini katanya White House bro..

Gak kelihatan gedung DPR ya ini??? Gedung DPR loh ini..

Itu J.Bush dan menara Eifel.. 

Nah yang ini lemari Buku, ada tentang ilmu Leadership dan ilmu lainnya.
Ini bentulknya besar dari yang lain, menandakan memiliki pengaruh yang besar pada dunia dan akherat tentunya. Di atas ada gambar para tokoh Leader yang digembor-gemborkan di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa.

Sebenarnya itu dibelakang rak ada tulisan Ulul Albab, cuman gak kephoto. Ya menandakan tentang backgroun kita seperti itu (Ulul Albab) dan di depannya kita berilmu intelek.


Ini dia tampak keseluruhan.
 Bagus-bagus kan??? Tapi ane gak ikut ambil dalam pembuatan. Ini persembahan dari mabna kita Ibnu Sina. Pada kalian yang berusaha membuat ini, kita tinggal mengaplikasikan. Mading yang sesungguhnya adalah kita ini dalam aksinya. Memberikan contoh pada yang lain, bahwa sebenarnya kita ini mampu bersaing di dunia manca negara, bahkan sudah ini..

Nah ini lah adalah salah satu contoh kegiatan ma'had yang membuat suasan luarbiasa hidupnya. Beberapa kampus lain ada yang menginginkan seperti ini, memiliki mahad. Ada yang tidak berhasil dan ada pula yang berhasil secara fisik. Dalam artian tempo beberapa bulan,yang berhasil membangan mahad berubah menjadi tempat seperti KOS.

Masih ada banyak yang akan terjadi di sini, walau kita tinggal hitungan minggu harus segera get out dari Mahad.